Minggu, 15 Februari 2009

Pesona Pariwisata Purbalingga



Menyusuri beragam obyek wisata di kawasan Kabupaten Purbalingga sangat mengagumkan. Beragam obyek wisata alam digarap serius dan menjadi magnet baru pariwisata di Propinsi Jawa Tengah.


Julukan magnet wisata Jawa Tengah memang pantas di sandang Kabupaten Purbalingga. Letaknya di kaki Gunung Slamet sehingga hawanya sejuk dan pemandangan perbukitan yang Indah. Kabupaten Purbalingga letaknya sekitar 180 km dari Kota Semarang. Jika Anda dari Jakarta, sebelumnya harus melewati Kota Purwokerto. Dari Puwokerto memakan waktu perjalanan sekitar 20 menit dengan jarak tempuh sekitar 18 km. Di kawasan Purbalingga, beragam pilihan lokasi wisata bisa dikunjungi, mulai dari Gua Lawa, Owabong, Reptile & Insect Park hingga Wisata taman Akuarium Raksasa Purbasari Pancuran Mas hingga perkebunan buah naga dan stroberi. Semuanya menyajikan sensasi liburan yang berbeda.

Berenang di Pantai Bebas Tsunami

Meskipun tidak memiliki garis pantai, Purbalingga mempunyai pantai buatan bernama Pantai Bebas Tsunami. Nama sebuah wahana wisata yang terletak di Obyek Wisata Air Bojongsari atau yang lebih dikenal dengan sebutan Owabong.

Obyek wisata Owabong terletak di Jl. Raya Owabong 1, Kecamatan Bojongsari-Purbalingga. Owabong baru diresmikan 18- Maret 2005. Hanya dengan merogoh kocek Rp.10.000-15.000 Anda sudah bisa menikmati beragam wahana yang disediakan. Sebagian besar wahana mengetengahkan sarana air. Mulai dari Olimpyc Pool yang berupa kolam renang profesional, Kolam Arus, menikmati gebyuran air di wahana Ember Tumpah, Pesta Air hingga miniatur Pantai Bebas Tsunami. Miniatur pantai ini sangat luas mencapai 1.200 m2 lengkap dengan pasir putih dan gelombang buatan. Jika Anda cukup nyali, fasilitas Waterboom bisa menjadi ajang pacu adrenalin. Dengan menaiki spiral waterslide dan torpedo waterslide setinggi 13 m, jantung Anda dijamin akan berdenyut kencang. Berenang sepuasnya di Owabong tidak akan membuat mata Anda perih apalagi kulit bersisik. Anda justru akan merasakan sensasi sejuk dan segar ketika Anda menceburkan diri ke air. Ini semua karena sumber air diambil dari mata air alami tanpa kaporit atau penjernih air.

Selain wisata air, Owabong juga menyediakan wahana lain seperti sirkuit gokart, menaklukan sirkuit dengan motor besar di arena ATV atau bermain perang medan terbuka di arena Paintball. Bagi yang datang dari luar kota, di lokasi owabong menyediakan fasilitas cottage dengan fasilitas 10 kamar suite dan empat kamar ukuran family untuk tempat bermalam.

Reptile & Insect Park

Hanya berjarak 2 km dari Owabong Anda bisa mengunjungi Reptile & Insect Park (museum reptile dan serangga). Area yang popular dengan sebutan Taman Reptil ini memiliki luas 6 hektar. Taman reptil dibuat terpadu. Suguhan utamanya adalah aneka reptil, seperti ular, iguana, kadal, buaya dan biawak. Koleksi ular hidup yang dipajang sangat lengkap, lebih dari 65 spesies. Diantaranya ular python, king kobra, belang, pucuk hingga kobra albino yang langka. Taman reptile juga menyuguhkan aneka koleksi jenis serangga. Sekitar 841 spesies serangga tertata rapi. Koleksi aneka jenis kupu-kupu juga sangat lengkap dan menjadi daya tarik lain taman reptile.

Puas melihat koleksi aneka reptile dan serangga, Anda tingga melangkahkan kaki ke belakang bangunan museum reptile. Di sini Anda bisa menikmati aneka jenis buah segar petik sendiri di kebun buah seluas 2 hektar. Memetik buah naga, stroberi, belimbing, mangga, jeruk atau durian bisa menjadi kegiatan yang tak terlupakan. Sembari menikmati lezatnya buah naga, Anda bisa memandangi Gunung Slamet yang terlihat kokoh menjulang di kejauhan.

Akuarium Raksasa Pancuran Mas

Obyek wisata lain di Purbalingga yang wajib dikunjungi adalah Taman Akuarium Raksasa Purbasari Pancuran Mas. Letaknya di Kecamatan Padamara. Tiket masuknya sangat murah, yaitu, sekitar Rp.6.000 namun yang disuguhkan sungguh istimewa. Selain beragam koleksi ikan, pengunjung juga bisa berenang atau melihat aneka jenis burung di Taman Burung.

Beragam ikan air tawar menjadi suguhan utama obyek wisata ini. Jenis ikan seperti ikan sadat, udang hias, arwana, Ikan Buaya dan beragam jenis Koi. Puluhan jenis ikan lainnya tertapa rapi di akuarium ukuran besar hingga kecil. Salah satu koleksi Andalan Pancuran Mas adalah koleksi ikan Arapaima Gigas yang panjangnya mencapai 2 meter. Konon ikan ini berasal dari Sungai Amazon. Setelah puas berkeliling melihat ikan, lanjutkan dengan mengagumi beragam jenis burung di Taman Burung. Lokasi taman burung masih satu area dengan obyek wisata Pancuran Mas. Aneka jenis burung dan unggas terpajang rapi di kandangnya. Mulai dari burung elang yang mulai langka, merak, nuri, rangkok, jalak hingga merpati dan puluhan jenis burung lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar