Minggu, 15 Februari 2009

Industri Pariwisata Purbalingga Makin Lengkap Dengan Hadirnya Museum Uang Purbalinga



Dengan bantuan kaca pembesar seorang pengunjung tengah mengamati uang kuno di Museum Uang Purbalingga, Kamis (18/12). (FOTO : Wagino/Cimed)

PURBALINGGA, (Cimed) – Meski sudah memiliki objek wisata andalan yakni Owabong. Pemerintah Kabupaten Purbalingga belum merasa puas dan terus bertekad untuk mengembangkan industri pariwisata di wilayahnya dengan menambah wahana wisata baru.


Adalah Museum Uang Purbalingga, wahana baru yang merupakan objek wisata pendidikan yang di gagas oleh Bupati Purbalingga, Triyono Budi Sasongko. Salah satu obyek wisata baru tersebut berlokasi di Kompleks Taman Reptil Kutasari, Purbalingga, diresmikan, Kamis (18/12), oleh Pemimpin Kantor Bank Indonesia Purwokerto Unang Hartiwan.

Bupati Purbalingga Triyono Budi Sasongko mengatakan, keberadaan Museum Uang Purbalingga diharapkan mampu meningkatkan potensi pariwisata setempat dengan Owabong sebagai entry point.

“Tak perlu diragukan lagi, saat ini Owabong telah mampu menarik wisatawan dari kabupaten lain, bahkan dari propinsi tetangga,” katanya.

Dijelaskan, Owabong yang dibangun dengan biaya sekitar Rp 13 miliar, selama tahun 2008 menargetkan wisatawan sebanyak 1.250.000 orang atau pendapatan sebesar Rp 18 miliar dan jumlah tersebut hampir tercapai.

“Untuk itu dengan investasi yang murah dan perawatan yang mudah, diharapkan keberadaan Museum Uang Purbalingga mampu menambah Pendapatan Asli Daerah. Sebisa mungkin wisatawan menghabiskan waktu sehari di Purbalingga,” katanya.

Dia mengatakan, Museum Uang Purbalingga memiliki koleksi mata uang dari 183 negara. Sebagian mata uang tersebut merupakan koleksi pribadi yang diserahkan kepada negara untuk dikelola oleh pengelola Museum Uang Purbalingga.

Pada kesempatan peresmian tersebut, Pemimpin Kantor Bank Indonesia Purwokerto, Unang Hartiwan mengatakan, keberadaan Museum Uang Purbalingga merupakan yang pertama di sebuah kabupaten di luar Jakarta.

Selain membangun wahana baru Museum Uang Purbalingga, Pemerintah Kabupaten Purbalingga juga bertekad mengembangkan wilayah Kutasari sebagai Kawasan Wisata Pendidikan yang akan dilengkapi dengan Mueseum Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar