Minggu, 15 Februari 2009

Kuliner Khas Purbalingga


Bagi masyarakat Banyumas, es durian yang dikenal kekhasannya adalah yang berasal dari Purbalingga. Beli es durian di mana pun di Banyumas, pasti yang dicari adalah yang berasal dari Purbalingga. Es durian ini memang untuk pertama kalinya muncul di Purbalingga.


Salah satu yang terkenal adalah es durian buatan Bapak Kasdi (51), yang kiosnya berseberangan dengan Markas Kodim. Ia sudah memulai usahanya sejak tahun 1970-an. Masyarakat Banyumas dan Purbalingga pada umumnya mengenalnya sebagai "es durian depan Kodim".
Banyaknya peminat es durian buatan Kasdi membuat anaknya, Hadianto (30), ikut membuka warung es durian di Purwokerto, Banyumas, yaitu di seberang Gelanggang Olahraga Satria.


Seperti ayahnya, Hadianto juga menyajikan es durian dan es durian kombinasi. Es durian adalah olahan buah durian yang dikombinasikan dengan gula merah dan kuah santan. Es durian kombinasi merupakan kombinasi es durian dengan kelapa kopyor.


Untuk membuat satu porsi es durian, diambil beberapa sendok daging buah durian yang telah dipisahkan dari isinya. Kemudian disiram gula merah yang telah dicairkan, dan disiram lagi dengan santan kental. Untuk memberikan rasa segar, ditambah parutan es. Untuk menambah cita rasa, Hadianto menambahkannya dengan coklat masak sehingga rasa enek dari pekatnya rasa durian, santan, dan gula merah, dapat ternetralisir.


Tapi bagi pencinta durian dan mencintai rasa legit santan, rasa pekat itu tentunya akan disukai. Pembeli dapat meminta tambahan susu kental manis untuk menambah cita rasa. Apalagi kalau es durian itu ditambah dengan kopyor menjadi es durian kombinasi, rasanya lebih nikmat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar